April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

13 tewas dalam ledakan pabrik nikel di Indonesia – surat kabar

13 tewas dalam ledakan pabrik nikel di Indonesia – surat kabar

JAKARTA: Sedikitnya 13 orang tewas dan 46 luka-luka dalam ledakan di pabrik pengolahan nikel yang didanai Tiongkok di Indonesia bagian timur pada hari Minggu, kata pemilik kawasan industri yang menjalankan pabrik tersebut.

Pulau Sulawesi adalah pusat produksi nikel di negara kaya mineral, logam dasar yang digunakan dalam baterai kendaraan listrik dan baja tahan karat, dan meningkatnya investasi Beijing telah memicu keresahan mengenai kondisi kerja di fasilitas tersebut.

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 05.30 di pabrik milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Kawasan Industri Morowali di provinsi Sulawesi Tengah, kata juru bicara kompleks tersebut dalam sebuah pernyataan. “Jumlah korban meninggal yang terkonfirmasi sebanyak 13 orang, termasuk sembilan pekerja Indonesia dan empat pekerja asal Tiongkok,” kata juru bicara tersebut dalam pernyataannya, sehingga mengurangi jumlah pekerja asing yang meninggal menjadi satu menjadi empat. Ledakan terjadi selama pekerjaan perbaikan reaktor yang ditutup untuk pemeliharaan, ketika sisa terak dari reaktor bersentuhan dengan bahan mudah terbakar di sekitar lokasi. Para pejabat mengatakan api berhasil dipadamkan pada Minggu pagi.

Hingga Minggu sore, 25 orang yang terluka – 15 warga negara Indonesia dan 10 warga asing – telah dibawa ke rumah sakit segera setelah ledakan, kata Bupati Morowali Rachmansya Ismail kepada Kompas TV.

Diposting pada 25 Desember 2023 subuh

READ  TMC Life Sciences berencana memperluas pusat rujukan di Vietnam, Indonesia