Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

11.000 orang dievakuasi saat gunung berapi Ruang meletus di Indonesia utara |  Berita gunung berapi

11.000 orang dievakuasi saat gunung berapi Ruang meletus di Indonesia utara | Berita gunung berapi

Para pejabat semakin memperluas zona pengecualian setelah gunung berapi tersebut mengeluarkan abu dan asap lebih dari dua kilometer ke langit.

Sekitar 11.000 orang telah dievakuasi setelah gunung berapi Ruang di Indonesia utara meletus beberapa kali di tengah kekhawatiran dapat memicu tsunami.

Gunung Ruang, yang terletak di provinsi Sulawesi Utara, meletus pada hari Selasa pukul 21:45 (13:45 GMT).

Setelah empat letusan lagi pada hari Rabu, badan penelitian vulkanologi Indonesia menaikkan tingkat kewaspadaan gunung setinggi 725 meter (2.379 kaki) itu menjadi empat, yang merupakan tingkat kewaspadaan tertinggi.

Mereka memperluas zona eksklusi di sekitar kawah dari empat kilometer (2,5 mil) menjadi enam kilometer (3,7 mil).

Lebih dari 800 orang pada awalnya dievakuasi dari Ruang ke pulau terdekat Dagulandang, yang terletak sekitar 100 kilometer (62 mil) sebelah utara ibu kota provinsi, Manado.

Namun para pejabat kemudian mengatakan bahwa akibat meluasnya zona eksklusi, semua orang di Dagulandang harus dievakuasi dan mereka akan dibawa ke Manado.

Para pejabat juga khawatir bahwa sebagian dari letusan gunung berapi sebelumnya pada tahun 1871 mungkin telah runtuh ke laut dan memicu tsunami.

Rekaman video menunjukkan lahar merah mengalir menuruni gunung, terpantul di air di bawahnya, dan awan abu abu-abu mengepul di atas kawah Ruang.

Muhammad Wafid, kepala Survei Geologi Indonesia, mengatakan letusan awal Ruang mengirimkan gumpalan abu setinggi dua kilometer (1,2 mil) ke langit, dan ledakan kedua mendorongnya hingga 2,5 kilometer (1,6 mil).

Aktivitas vulkanik meningkat di Ruang setelah dua gempa bumi dalam beberapa pekan terakhir, kata Institut Vulkanologi.

Terletak di sepanjang 'Cincin Api', rangkaian garis patahan tektonik berbentuk tapal kuda yang mengelilingi Samudera Pasifik, Indonesia memiliki 120 gunung berapi aktif.

READ  WTO dukung UE dalam sengketa nikel, Indonesia berencana mengajukan banding

Pada tahun 2018, gunung berapi Anak Krakatau di Indonesia meletus, memicu tsunami di sepanjang pantai Sumatera dan Jawa setelah sebagian gunung tersebut jatuh ke laut. Ratusan orang terbunuh.