Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Uang penumpang dicuri dalam penerbangan HK dan ditukar dengan rupiah

Uang penumpang dicuri dalam penerbangan HK dan ditukar dengan rupiah

Seorang penumpang dalam penerbangan Hong Kong Airlines menjadi korban pencuri licik yang mencuri uang kertas dolar Hong Kong miliknya dan menukarnya dengan rupiah.

Penumpang bermarga Chow, baru-baru ini melakukan penerbangan pagi ke Osaka, Jepang bersama pacar dan keluarganya. Chow berencana menukarkan uang kertas 100 rupee yang dibawanya – total HK$50.000 – dengan yen Jepang ketika uang itu tiba.

Chow mengatakan seorang pramugari menyuruhnya untuk meletakkan tasnya di kompartemen atas, bukan di bawah kursi. Karena kompartemen bagasi di atas tempat duduknya penuh, Chow meletakkan tasnya di loker di atas tiga hingga empat baris di depan tempat dia duduk.

Dia mengatakan dia tertidur selama penerbangan dan mengambil tasnya setibanya di Jepang.

Ketika ia mengambil barang-barangnya di kereta api di Jepang, ia hanya menemukan setumpuk uang kertas yang telah diganti dengan uang kertas Indonesia – selain tiga lembar uang kertas di kedua ujungnya.

Total ada 153 lembar uang rupee pecahan Rp2.000, yang kira-kira setara dengan HK$153.

Menanggapi gugatan Chow, Hong Kong Airlines mewajibkan penumpang untuk memberi tahu karyawannya agar segera menghubungi polisi jika mereka melihat ada barang yang dicuri dari pesawat sehingga petugas dapat naik ke pesawat untuk menyelidikinya. Dikatakan pula bahwa maskapai penerbangan tidak mempunyai kewenangan untuk menggeledah barang bawaan penumpang.

Hingga November tahun lalu, Polsek Bandara telah menerima 20 kasus pencurian kabin.

READ  Kekuatan solusi pasif di Bangladesh dan Indonesia