April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

TikTok berencana menggelontorkan miliaran ke Indonesia dan Asia Tenggara

TikTok berencana menggelontorkan miliaran ke Indonesia dan Asia Tenggara

TikTok berencana menggelontorkan miliaran dolar ke Indonesia dan Asia Tenggara selama beberapa tahun ke depan, menggandakan wilayah tersebut di tengah pengawasan global atas keamanan datanya.

TikTok mengatakan Kamis bahwa pihaknya akan menginvestasikan miliaran dolar di Asia Tenggara, melindungi pijakannya di wilayah tersebut di tengah pengawasan ketat atas keamanan datanya di Barat dan di tempat lain.

Wilayah ini adalah salah satu pasar terbesar TikTok dalam hal basis pengguna dengan populasi 630 juta — setengahnya berusia di bawah 30 tahun — menciptakan Lebih dari 325 juta pengunjung bulanan ke aplikasi. TikTok belum menerjemahkan basis pengguna yang besar menjadi sumber pendapatan e-niaga yang signifikan di wilayah ini, karena menghadapi persaingan ketat dari saingan yang lebih besar seperti Shopee C, Lazada Alibaba, dan Tokopedia Goto.

“Kami akan menginvestasikan miliaran dolar di Indonesia dan Asia Tenggara dalam beberapa tahun ke depan,” kata CEO TikTok Show Ji Xiu di sebuah forum yang diselenggarakan oleh perusahaan di Jakarta, menyoroti dampak sosial dan ekonomi dari aplikasi tersebut di wilayah tersebut. . .

Meskipun perusahaan tidak memberikan penjelasan rinci tentang rencana pengeluarannya, perusahaan mengatakan akan berinvestasi dalam pelatihan, iklan, dan dukungan untuk penjual kecil yang ingin bergabung dengan platform e-commerce TikTok Shop. Chew menambahkan bahwa konten pada platform menjadi lebih beragam karena berkembang melampaui iklan menjadi e-commerce, menambahkan lebih banyak pengguna untuk memungkinkan konsumen membeli produk melalui tautan yang digunakan selama streaming langsung.

TikTok saat ini memiliki 8.000 karyawan di Asia Tenggara dan memiliki 2 juta penjual kecil yang menjual produk mereka di platformnya di Indonesia, ekonomi terbesar di kawasan ini. Menurut data dari Momentum Works, transaksi e-commerce di seluruh Asia Tenggara mencapai $100 miliar tahun lalu, dengan Indonesia mencapai $52 miliar.

READ  Kasus Komunitas Pekerja Rumah Tangga Indonesia Saja Govt-19, Berita Kesehatan dan Cerita Terbaik

TikTok memfasilitasi transaksi senilai $4,4 miliar di seluruh Asia Tenggara tahun lalu — naik dari $600 juta pada tahun 2021 — jauh di belakang penjualan bisnis regional Shopify senilai $48 miliar pada tahun 2022.