Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Samsung Indonesia: Membatalkan PPKM memberi angin segar bagi pengusaha

Samsung Indonesia: Membatalkan PPKM memberi angin segar bagi pengusaha

Tempo.co, Jakarta – Presiden Direktur PT Samsung Electronics Indonesia Hong Yeun Seuk mengatakan pencabutan Pembatasan Kegiatan Sosial atau PPKM merupakan angin segar bagi para pengusaha di Indonesia. Ia pun meyakini para pengusaha akan bangkit kembali setelah pandemi Covid-19.

“Kami beruntung dan bersyukur bahwa pemerintah Indonesia telah mampu mengendalikan wabah, dan dengan memberikan dukungan kepada pengusaha di dunia usaha melalui izin dan insentif keuangan sehingga mereka dapat bertahan selama wabah,” kata Hong Yun Cheuk saat wawancara . Jumat, 27 Januari 2023 bersama Menteri Keuangan di PT Samsung Electronics Indonesia di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Hong Yeun Seuk mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah berlangsung selama hampir tiga tahun dan berdampak negatif pada pertumbuhan ekonomi global, karena rantai pasokan global terganggu secara signifikan. “Keadaan tersebut dipengaruhi oleh penurunan produksi di sektor manufaktur,” kata Hong Yoon Cheuk.

Namun, kata dia, berkat kerja keras dan dukungan pemerintah Indonesia, khususnya di wilayah Sikarang, Samsung tetap bisa bertahan meski dalam situasi tak menentu di masa pandemi.

Namun demikian, tekanan resesi global yang diperkirakan terjadi pada tahun 2023 akan menjadi tantangan baru bagi para pengusaha. Untuk situasi yang diharapkan, pengusaha dapat meningkatkan biaya produksi, kata Hong Yoon Cheuk. “Biaya produksi yang efisien sangat penting dan dibutuhkan,” kata Yoon Cheuk.

Akhir tahun sebelumnya, Presiden Jokowi resmi membatalkan PPKM pada Jumat, 30 Desember 2022. Kebijakan tersebut diambil secara tergesa-gesa karena pemerintah sebelumnya mengatakan bahwa hasil kajian baru akan keluar pada minggu ketiga Januari.

“Hari ini pemerintah memutuskan mencabut PPKM,” kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 30 Desember 2022. “Tidak ada lagi pembatasan kegiatan sosial.”

READ  Dengan tidak adanya tanda-tanda kapal selam Indonesia saat angin mereda, pencarian dimulai lagi

Jokowi mengatakan, kebijakan itu diterapkan karena indikatornya mencapai standar WHO. Selain itu, seluruh kabupaten kota belum mengajukan status PPKM Tingkat 1. Jokowi menambahkan, pemerintah mengambil kebijakan tersebut setelah melakukan kajian dan pertimbangan selama 10 bulan.

Riri Rahayu adalah film garapan Lasahido

Klik di sini untuk mendapatkan update berita Tempo terbaru di Google News