April 12, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Ratusan warga Rohingya telah mendarat di Indonesia, bergabung dengan sekitar 1.000 lainnya pada minggu ini.

Ratusan warga Rohingya telah mendarat di Indonesia, bergabung dengan sekitar 1.000 lainnya pada minggu ini.

JAKARTA, 22 November (Reuters) – Lebih dari 200 orang Rohingya tiba di pantai di provinsi Aceh, Indonesia, pada Selasa malam, menjadikan total kedatangan dari minoritas Muslim Myanmar menjadi lebih dari 1.000 dalam seminggu, kata seorang kepala komunitas nelayan provinsi tersebut.

Ketika laut tenang dari bulan November hingga April, banyak anggota kelompok minoritas yang teraniaya melakukan perjalanan dengan perahu dari Myanmar ke Thailand, Bangladesh, Malaysia, dan Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim.

Pemimpin komunitas nelayan Aceh Miftach Cut Adek mengatakan kepada Reuters bahwa 216 dari mereka adalah perempuan dan anak-anak, “lemah dan kekurangan gizi”, yang tiba pada Selasa malam di dekat Sabang, di ujung utara pulau Sumatera.

Mitra Salima Suryono, juru bicara badan pengungsi PBB di Indonesia, mengatakan tampaknya tidak ada alasan khusus atas masuknya pengungsi Rohingya.

“Alasan mereka bermigrasi adalah untuk mencari kehidupan yang lebih aman,” katanya.

Mitra mengatakan penduduk desa di Aceh telah berusaha mencegah ratusan warga Rohingya tiba di Bireuen di timur laut Sumatera pada minggu lalu, meskipun mereka akhirnya berhasil mendarat pada hari Minggu.

Selama bertahun-tahun, warga Rohingya, yang melarikan diri dari Myanmar yang mayoritas penduduknya beragama Buddha, umumnya diperlakukan sebagai penyusup asing dari Asia Selatan, ditolak kewarganegaraannya, dan menjadi sasaran pelecehan.

Hampir satu juta warga Rohingya tinggal di kamp pengungsi di distrik perbatasan Bangladesh, Cox’s Bazar, setelah melarikan diri dari tindakan keras militer di Myanmar pada tahun 2017.

Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan pihaknya “tidak bertanggung jawab menampung pengungsi, apalagi memberikan solusi permanen.”

READ  Penyebaran muka airtime utama untuk Aljabor Technologies dengan IOH di Indonesia

Osman Hamid, direktur kelompok hak asasi manusia Amnesty International Indonesia, meminta pihak berwenang untuk menelepon orang-orang Rohingya dan berbicara dengan negara-negara tetangga, khususnya Malaysia dan Thailand, di mana orang-orang Rohingya sering kali dihentikan.

Laporan oleh Stanley Vidianto; Disunting oleh Robert Birzel

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Dapatkan hak lisensiMembuka tab baru