Februari 21, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Presiden Indonesia mengatakan Israel menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tidak mengubah kebijakan luar negeri

Presiden Indonesia mengatakan Israel menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tidak mengubah kebijakan luar negeri

  • Pembicaraan itu dipimpin oleh petinggi FIFA
  • Partisipasi Israel Bukanlah Perubahan Kebijakan Luar Negeri – Presiden
  • Pengundian pertandingan dibatalkan karena protes terhadap Israel
  • Indonesia dapat menemukan solusi yang menjanjikan

JAKARTA, 28 Maret (Reuters) – Presiden Indonesia pada Selasa mengatakan bahwa partisipasi Israel dalam Piala Dunia U-20 di negaranya tidak akan mengubah kebijakan luar negerinya.

Joko Widodo telah mengkonfirmasi bahwa dia telah mengirim Menteri Kabinet dan mantan presiden Inter Milan Eric Tohir, yang mengepalai federasi sepak bola negara itu (PSSI), untuk berbicara dengan badan dunia FIFA setelah pengundian turnamen bulan depan dibatalkan karena penentangan terhadap Israel. daerah.

Jokowi, demikian presiden itu dikenal, telah menggarisbawahi dukungan Indonesia untuk Palestina dan solusi dua negara, dengan mengatakan kualifikasi Israel diberikan pada Juli tahun lalu, lama setelah negaranya memenangkan hak tuan rumah.

“Saya meyakinkan Anda bahwa partisipasi Israel tidak ada hubungannya dengan sikap kebijakan luar negeri kami di Palestina, karena dukungan kami untuk Palestina selalu kuat dan teguh,” katanya dalam pidato siaran langsung.

“Jangan gabungkan olahraga dan politik.”

Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Israel dan para demonstran baru-baru ini berbaris di Jakarta untuk menuntut agar Israel berhenti berkompetisi pada acara 20 Mei-11 Juni.

Penduduk Indonesia sebagian besar beragama Islam dan sebagian besar menganut Islam moderat, meskipun kebangkitan konservatisme agama telah memasuki politik dalam beberapa tahun terakhir.

PSSI pada hari Minggu mengatakan undian untuk turnamen 24 tim, yang dijadwalkan pada hari Jumat, dibatalkan setelah gubernur pulau liburan Bali yang mayoritas beragama Hindu menolak untuk menjadi tuan rumah tim Israel.

Gubernur Wayne Koster mendesak Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk “mengadopsi kebijakan yang melarang tim Israel berkompetisi di Bali” karena konflik dengan Palestina, lapor media, mengutip surat yang dikirim oleh Koster.

READ  Nelayan Indonesia kembali ke rumah setelah uji coba laut

Kantor Koster tidak segera menanggapi permintaan komentar. Gubernur mengatakan kepada media pada hari Senin bahwa dia mengikuti “posisi pemerintah”. Asosiasi Sepak Bola Israel telah dihubungi untuk memberikan komentar.

Jokowi tidak merinci pada hari Selasa apa yang akan diusulkan Eric ke FIFA.

Setelah skorsing satu tahun dari FIFA hingga Mei 2016 karena campur tangan pemerintah, negara itu membatalkan kekhawatiran akan kehilangan hak tuan rumah dan mengisolasi sepak bola Indonesia lagi.

Indonesia juga berusaha untuk membangun kembali reputasinya setelah penyerbuan di sebuah stadion di Jawa Timur yang menewaskan 135 penonton tahun lalu.

Muhadjir Effendi mengatakan Selasa malam bahwa solusi harus ditemukan di parlemen dan menjadi tuan rumah turnamen itu penting bagi sepak bola Indonesia.

“Masih ada kemungkinan,” katanya. “FIFA sangat menghargai dan memahami apa yang terjadi di Indonesia.

“Kami sedang mencoba beberapa opsi dan kami masih berharap acara itu terjadi di Indonesia,” tambahnya.

Laporan oleh Ananda Theresia dan Stanley Vidianto; Diedit oleh Ed Davies dan Peter Rutherford, Martin Petty

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.