Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Presiden Indonesia Joko Widodo memerintahkan tentara untuk membantu petani padi di tengah kekeringan dan masalah ketahanan pangan

Presiden Indonesia Joko Widodo memerintahkan tentara untuk membantu petani padi di tengah kekeringan dan masalah ketahanan pangan

Indonesia Tentara telah diperintahkan untuk membantu petani menanam padi karena kekeringan parah Asia TenggaraNegara yang kelebihan penduduk akan menaikkan harga, memerlukan peningkatan impor, dan mengancam ketahanan pangan.
Penanaman tidak sesuai jadwal akibat kekeringan akibat peristiwa cuaca El Nino, Presiden Joko Widodo Dia meminta pengawas militer di desa-desa bernama Babinza untuk membantu memanfaatkan hujan yang terjadi baru-baru ini.
“Karena di beberapa provinsi sedang turun hujan, kami ingin mendorong para petani untuk menanam padi,” kata Widodo, akrab disapa Jokowi, saat berkunjung ke Kabupaten Bekalongan, Jawa Tengah, Rabu, dalam video yang dirilis Pilpres. Lampu jaringan Saluran.

“Memang tertunda karena El Niño, tapi kami ingin segera menanam, menanam, menanam,” ujarnya sambil berdiri di samping sawah yang baru ditanami.

Asia menghadapi lebih banyak guncangan harga beras karena larangan ekspor India yang mengguncang pasar

Pasokan beras global semakin ketat tahun ini karena El Nino, yang umumnya menyebabkan cuaca panas dan kering di Asia Tenggara, telah mengurangi produksi di negara-negara produsen dan konsumen utama. Harga-harga di pusat ekspor utama Asia telah meningkat sebanyak 45 persen dan mencapai level tertinggi dalam 15 tahun terakhir. IndiaPemasok Terbaik Dunia, Ekspor dibatasi.

Kekeringan menunda penanaman panen Indonesia pada tahun 2024, dengan produksi negara tersebut tahun ini turun menjadi 30,9 juta metrik ton dari 31,53 juta ton pada tahun lalu.

Sugiyono, salah satu pejabat Babinza yang hadir dalam acara tersebut, mengatakan dirinya ikut bersama Jokowi dalam pelatihan penanaman padi selama sebulan untuk membantu petani.

Awal bulan ini, Menteri Pertanian Indonesia dan Panglima TNI menandatangani perjanjian kerja sama di mana Kementerian Pertanian menyediakan bibit dan mesin untuk membantu personel militer di bidang pertanian dan menggunakan lahan militer yang tidak berguna untuk bercocok tanam.

Tentara Indonesia diminta membantu menanam padi saat negara ini menghadapi kondisi kekeringan yang mempengaruhi produksi biji-bijian. Foto: AFP

“Beberapa petani punya lahan, tapi kekurangan tenaga kerja karena petani semakin tua, sedangkan generasi muda ingin bekerja di pabrik, sehingga TNI bisa membantu peralatan dan personel,” kata juru bicara militer Julius Widjojono.

Meskipun biasanya hanya satu Babinza yang ditugaskan di sebuah desa, Widjojono mengatakan petugas tersebut dapat mengidentifikasi kebutuhan tenaga kerja untuk penanaman dan mereka dikirim dari unit militer terdekat.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman awal bulan ini mengatakan bahwa keterlibatan angkatan bersenjata di masa lalu telah membantu Indonesia mencapai swasembada pangan, dan bahwa kerja sama baru dapat mengurangi impor beras.

Indonesia menjadi salah satu importir beras terbesar setelah Badan Pengadaan Negara Bulog dijadwalkan mengimpor 3,5 juta ton tahun ini.

02:43

Bendungan mengering dan tanaman mati di pulau resor Bali, Indonesia seiring dengan memburuknya kekeringan El Nino

Bendungan mengering dan tanaman mati di pulau resor Bali, Indonesia seiring dengan memburuknya kekeringan El Nino

Minggu ini, Bullock mulai membeli hingga 534.000 ton beras melalui tender internasional, yang diperkirakan akan tiba pada akhir Januari. Eropa Kata para pedagang.

Luas tanam padi di Indonesia turun 53,61 persen pada bulan September hingga November dibandingkan tahun lalu, menurut data Kementerian Pertanian. Tanaman yang ditanam pada triwulan terakhir tahun ini menghasilkan panen utama pada tahun berikutnya.

Namun, Indonesia memperkirakan produksi beras akan meningkat menjadi 32 juta ton pada tahun 2024, sedangkan panen raya pada bulan Maret dan April akan menyumbang 10,07 juta ton, naik 14 persen dari tahun ini.

READ  Hasil WorldSPK Indonesia 2022 - Cycling News