Februari 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Prabowo menginjak-injak saingannya menjelang pemilihan presiden

Prabowo menginjak-injak saingannya menjelang pemilihan presiden

Anis mengatakan Indonesia akan mendapatkan keuntungan dari investasi asing yang kuat dan terdiversifikasi dari Australia dan negara-negara lain, dan Indonesia akan mampu memberikan suara kepada negara-negara Selatan di panggung dunia.

Namun jajak pendapat menunjukkan mantan akademisi itu hanya menjual kurang dari 30 persen dari 205 juta pemilih di negara itu dalam rencananya. Hasil yang baik dari kampanye Prabowo pada akhir pekan bisa berarti akhir dari harapannya untuk menjadi presiden.

Pemain sandiwara adalah yang terkuat

Ratusan ribu pendukung Prabowo berbondong-bondong ke sebuah stadion di Jakarta Pusat pada hari Sabtu, hari terakhir kampanye, untuk menunjukkan dukungan kuat kepada mantan jenderal angkatan darat dan pasangannya, putra sulung Joko, Gibran Rakabuming Raka.

Kandidat presiden Prabowo Subianto (kanan) dan pasangannya Gibran Rakabuming Raka dalam rapat umum di Jakarta, Sabtu.

Prabowo, yang akan menjadi menteri pertahanan di kabinet Joko, berjanji untuk mengelola “kekayaan Indonesia yang luar biasa demi kepentingan seluruh rakyatnya”.

Kampanye apik Prabowo telah mengubahnya dari orang kuat menjadi pemain sandiwara. Karakter lebih brutal yang memimpin pasukan khusus elit selama tahun-tahun terakhir pemerintahan Suharto di tahun 1990an sempat terungkap pada hari Sabtu ketika ia memperingatkan akan adanya intervensi asing.

“Saudara-saudara, jangan saling berkelahi karena asing dan jangan terus menerus berbohong. Kita harus menjadi negara yang lebih baik, sejahtera, sehingga harus menjaga kerukunan dan persatuan.

Tidak jelas apakah yang dimaksudnya adalah Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya, yang berupaya memukul mundur Tiongkok yang lebih agresif di kawasan.

Pemenang dari pemilihan tiga arah ini harus memenangkan lebih dari setengah suara yang diberikan pada hari Rabu untuk menghindari pemilihan putaran kedua dengan runner-up. Kandidat ketiga adalah mantan gubernur provinsi Kanchar Pranovo.

READ  Indonesia Tegaskan Kembali Komitmen Terhadap Program Pesawat Tempur KF-21: Siaran Pers

Seperti jajak pendapat lainnya baru-baru ini, jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia, yang mensurvei 1.220 responden antara tanggal 29 Januari dan 5 Februari, menunjukkan bahwa Prabowo memenangkan 51,9 persen suara. Anis mendapat 23,3 persen suara dan Kanjar 20,3 persen suara.

Ketiga kandidat mendukung kebijakan “Indonesia Emas” yang diusung Presiden Joko Widodo, yang bertujuan agar Indonesia menjadi negara dengan perekonomian terbesar kelima di dunia pada tahun 2045, dengan PDB sebesar US$7,3 triliun ($11,2 triliun) dan pendapatan per kapita sebesar US$25.000.

Pada masa kampanye, isu yang diangkat adalah tentang lapangan kerja, pendidikan dan pengurangan kesenjangan, namun pemilu kali ini adalah mengenai investasi asing yang dibutuhkan untuk menumbuhkan perekonomian.

Baik Prabowo maupun Kanjar telah berjanji untuk melanjutkan kebijakan hilirisasi nikel yang kontroversial, yang telah menarik miliaran dolar dari perusahaan-perusahaan Tiongkok dan meningkatkan ekspor bijih olahan Indonesia dari $US3 miliar pada tahun 2014 menjadi $US30 miliar pada tahun lalu.

Meningkatnya pasokan menyebabkan harga nikel anjlok – salah satu alasan kubu Anies ingin mengkaji ulang kebijakan tersebut.

Pak Anis menginginkan diversifikasi lebih lanjut dalam investasi asing.

“Tiongkok sangat besar di sini. Tapi negara-negara kecil juga harus besar. Jadi saya ingin melihat Australia masuk lebih banyak lagi. Warga Australia mengabaikan kami, kami selalu melihat ke utara, bukan ke selatan. Kita akan bertetangga selamanya. Kenapa harus?” Bukankah sebaiknya kita bekerja sama?”

Anis mengatakan pemerintahnya akan menghormati semua perjanjian yang ada karena mereka merencanakan “jalan keluar yang baik” dari pendekatan nikel saat ini menuju “kebijakan hilirisasi yang sangat hati-hati”.

Kubunya ingin menciptakan industri bernilai tambah di bidang sumber daya lain dan energi terbarukan. Pemerintah juga ingin masyarakat lokal mendapat manfaat lebih besar dari ekstraksi sumber daya, dan pembebasan pajak (tax holiday) penting bagi investor Tiongkok yang akan memulangkan keuntungannya.

READ  Indonesia, banjir di Kabupaten Pompa Dhana, Kalimantan Selatan (14 Agustus 2021) - Indonesia

Bapak Anis memiliki kebijakan luar negeri yang ambisius yang dimulai dengan Indonesia sebagai pemimpin de facto ASEAN dan kemudian mendunia, ia ingin Indonesia menjadi suara negara-negara Selatan. “Kami ingin Indonesia kembali tampil di kancah dunia. Bukan sebagai peserta yang pasif, namun secara aktif menggunakan pesan, pengalaman, dan visi kami.

Beberapa keluarga paling berpengaruh di Indonesia telah meninggalkan kampanye Prabowo dan Kanjar yang didukung oleh PDIP, salah satu partai politik terbesar di negara ini. Kampanye Anies sangat kekurangan dana dan mengatakan kubu oposisi telah mengganggu upayanya untuk menjangkau pemilih.

Okta Mila, suaminya Fajar Romadoni dan bayinya Asiva Mariam di rapat umum Prabowo pada hari Sabtu. Emma Connors

“Sulit mendapatkan izin, kadang ketika sudah dapat, tiba-tiba izinnya dicabut. Dua minggu lalu, saya berada di Mathura. [an island to the north-east of the main Java island]Mereka memutus aliran listrik di seluruh kota,” kata Pak Anies.

Pendukung Anies mendukung pandangannya bahwa sudah waktunya untuk meninggalkan negara di mana kelompok-kelompok yang sudah lama ada di tingkat nasional dan provinsi memiliki kekuatan untuk mematikan lampu.

Agang Herlan, seorang pemilik usaha kecil yang menghadiri rapat umum Anise di Siangjur, Jawa Barat, memilih Prabowo pada pemilu lalu tetapi telah beralih ke saingannya karena ia “cerdas dalam membuat kebijakan yang baik untuk pembangunan”. Pendukung lainnya, Ann Selamet, berpendapat serupa: “Ketiga kandidat itu bagus, tapi Anise yang terbaik.”

Namun, para pendukung Prabowo percaya bahwa ia memiliki rekam jejak yang kuat dan akan meneruskan apa yang ditinggalkan oleh Joko – khususnya Gibran sebagai wakil presiden. Jajak pendapat secara konsisten menunjukkan bahwa lebih dari 70 persen masyarakat Indonesia menyetujui presiden saat ini, yang telah menjabat maksimal dua kali masa jabatan lima tahun.

READ  Minat Indonesia pada Love, Beauty and the Planet didorong oleh sikap dan pemasaran ramah lingkungan

Okta Mila dan suaminya Fajr Romadoni tiba di rapat umum Prabowo pada pukul 11.00 bersama bayi perempuan mereka dan tinggal di sana empat jam kemudian. Ibu Okta mencatat bahwa pencalonan Prabowo didukung oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan beberapa pemimpin Islam. “Prabovo sudah terbukti menjadi pemimpin yang baik. Ini bukan sekadar pembicaraan,” katanya.