Agustus 6, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pers Indonesia mengunjungi daerah yang dilanda badai

Jakarta, Okt. 20, 2019 (Xinhua) – Presiden Indonesia Joko Widodo (tengah) berbicara pada upacara pelantikan di Jakarta, Oktober, Indonesia. 20, 2019. (Xinhua / Pang Jingle / IANS)

Jakarta, 9 April (IANS) Presiden Indonesia Joko Widodo mengunjungi provinsi Nusa Tenggara timur pada hari Jumat, di mana setidaknya 165 orang tewas dan setidaknya 45 orang hilang.

Segera setelah pesawat presiden mendarat di bandara Sikka, sebuah helikopter Joko terbang ke pulau Lokota, di mana hujan lebat turun pada hari Minggu, menyebabkan longsoran puing vulkanik, kantor berita DPA melaporkan.

“Kami tidak akan melakukan upaya apapun untuk memastikan bahwa yang hilang masih ditemukan,” kata Joko.

“Tapi saya melihat medan berbatu membuat segalanya lebih sulit,” katanya.

Ia meyakinkan para penyintas bahwa mereka akan dipindahkan ke tempat yang lebih aman di mana rumah akan dibangun “lebih cepat”.

“Saya pribadi dan atas nama pemerintah ingin menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya atas hilangnya nyawa agar mereka yang ditinggalkan dapat didorong,” ujarnya.

Dalam komentar sebelum keberangkatan, dia mengatakan ingin memastikan para pemimpin daerah memiliki akses dan memantau prakiraan cuaca sehingga mereka tahu apa yang terjadi dan dapat memberi tahu warga tentang ancaman.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan tanah longsor dan banjir akibat badai telah menewaskan sedikitnya 165 orang dan menyebabkan 45 hilang.

Daerah yang terkena dampak terparah termasuk Pulau Adonara, Lembata, Alor Setar, Malaka dan ibu kota provinsi, Kupang.

Cuaca ekstrim telah menewaskan sedikitnya 27 orang di negara tetangga Timor Leste, kata pemerintah.

READ  Wanita Indonesia berusia 66 tahun dalam 15 kasus Pemerintah-19 diimpor ke S'pore di Singapore News & Top Stories