Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pengiriman energi bersih yang cepat oleh PLN di ibu kota Indonesia mendapat pujian dari Menteri Eric Tohir

Pengiriman energi bersih yang cepat oleh PLN di ibu kota Indonesia mendapat pujian dari Menteri Eric Tohir

File foto penerapan cepat energi bersih PLN di ibu kota Indonesia yang dipuji oleh Menteri Eric Tohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Tohir memuji upaya cepat PLN dalam menyediakan energi bersih di Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN). Apresiasi tersebut disampaikannya dalam kunjungannya ke Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Virjotmodjo, Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari dan Direktur Utama PLN Dharmawan Prasodjo.

Kroasia_di_April

“Banyak yang skeptis terhadap pertumbuhan IKN, terutama ketergantungannya pada tenaga surya. Namun saat ini kita lihat PLTS sudah selesai dibangun dan menghasilkan 10 MW, sedangkan kebutuhan IKN saat ini hanya 1 MW,” kata Eric Dohir.

Ginkgo

Eric mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah memperkenalkan energi hijau kepada IKN melalui pembangkit listrik tenaga surya.

“Saat ini kapasitas PLTS mencukupi, namun kebutuhan ke depan akan semakin meningkat. PLN harus memanfaatkan potensi energi hijau Kalimantan antara lain tenaga air, tenaga surya, dan angin. Peran PLN penting karena akan menjadi jantungnya IKN,” tambah Eric.

Hal serupa disampaikan Wakil Menteri BUMN Kartika Virjotmodjo yang memuji PLN yang telah membangun ekosistem energi hijau di IKN. “Kami bangga atas keberhasilan PLN dalam mengembangkan dan mengoperasikan PLTS di IKN. Kemampuannya akan terus diperluas untuk melayani seluruh ekosistem IKN,” kata Karthika.

Direktur Utama PLN Dharmawan Prasodjo menegaskan komitmen PLN dalam menyediakan listrik yang andal dan ramah lingkungan di IKN, memadukan teknologi mutakhir dengan konsep ramah lingkungan, cerdas, dan indah.

“Terima kasih kepada Menteri Eric Dohir atas bimbingannya. Kami siap memastikan IKN menjadi kota yang hijau dan futuristik,” kata Dharmawan.

Untuk mendukung IKN, PLN akan mengembangkan solusi ketenagalistrikan yang ramah lingkungan dan cerdas, dimana seluruh pembangkit listrik menggunakan energi ramah lingkungan dan proses digital yang canggih. Saat ini PLN Nusantara Power bekerja sama dengan Semcorp Singapura telah mengembangkan PLTS di IKN. Dari 50 MW yang direncanakan hingga akhir tahun 2024, sebanyak 10 MW sudah beroperasi.

READ  Pelatihan Petugas Keamanan Pelabuhan Indonesia

Dharamavan juga menyoroti bahwa seluruh jaringan listrik IKN akan berada di bawah tanah sehingga meningkatkan keandalan dan estetika. PLN berencana membangun transmisi, distribusi, dan meteran pintar, semuanya berjalan pada jaringan pintar dengan 100% energi terbarukan.