April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pemilu Indonesia: Hasil tidak resmi menunjukkan kekuatan militer, Prabowo, unggul

Pemilu Indonesia: Hasil tidak resmi menunjukkan kekuatan militer, Prabowo, unggul

Masa jabatan Jokowi sebagai presiden mungkin akan segera berakhir, namun warisan abadinya masih belum tiba.

Selama masa jabatannya, ia meluncurkan salah satu proyek paling ambisius dalam sejarah Indonesia – sebuah kota baru di pulau tropis Kalimantan bernama Nusantara. Menurut para perencananya, kota ini akan menjadi kota alternatif yang bersih, hijau dan modern dibandingkan Jakarta, yang terancam oleh kepadatan penduduk, polusi dan kenaikan permukaan air laut.

Pada bulan Desember, saya dipanggil oleh pihak berwenang untuk melihat kemajuan pekerjaan konstruksi. Sulit untuk tidak terkesan dengan besarnya skala proyek ini, yang akan mendatangkan investasi yang sangat dibutuhkan di wilayah Indonesia yang telah lama diabaikan oleh pemerintah pusat.

Pada saat yang sama, ribuan hektar hutan hujan dihancurkan, dan ribuan masyarakat adat akan mengungsi. Selain itu, terdapat keraguan besar bahwa Indonesia dapat menarik investasi asing yang diperlukan untuk mewujudkan hal ini.

Prabowo Subianto dan Kanchar Branovo sama-sama mendukung ibu kota baru. Namun Anies Baswedan, yang saat ini berada di urutan kedua setelah Prabowo, menyarankan agar ia mengurangi seluruh rencana tersebut – atau membatalkannya sama sekali.

Indonesia adalah negara yang ingin melakukan modernisasi. Pada tahun 2045, Indonesia bertujuan untuk menjadi negara dengan perekonomian terbesar keempat di dunia dan mega proyek seperti Nusantara adalah simbol dari ambisi tersebut.

Jadi masa depannya – dan warisan Presiden Jokowi dalam sejarah – bergantung pada pemilu tahun ini.

Hak Cipta: Reuters

READ  Cadangan litium besar ditemukan di wilayah Indonesia: Menteri