Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Menteri mengatakan hubungan Indonesia-Tiongkok akan semakin kuat pada pemerintahan berikutnya

Tempo.co, JakartaMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandijaitan Indonesia-Cina Hubungan akan semakin menguat dan mencapai tingkat yang lebih tinggi di bawah pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih berikutnya.

“Pada periode pemerintahan berikutnya, saya yakin Indonesia akan menjamin kelangsungan Presiden Joko milik Vito kebijakan dan menjaga hubungan persahabatan yang kuat dan kerja sama yang konstruktif dengan Tiongkok,” ujarnya dalam keterangan kementeriannya, Minggu, 21 April 2024.

Pernyataan ini disampaikannya dalam pidato pembukaan Mekanisme Dialog dan Kerja Sama Tingkat Tinggi ke-4.HDCMIndonesia dan China di Labuan Bajo bagian timur Nusa Tenggara, Jumat (19 April).

HDCM merupakan poros maritim global dan merupakan jantung kemitraan kedua negara dalam melaksanakan Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative).

Luhut menambahkan, kedua negara berharap dapat mengembangkan hubungan berdasarkan rasa saling percaya, saling menghormati, dan saling menguntungkan.

Menteri menyampaikan harapannya agar Presiden G Xi Jinping akan membawa Tiongkok ke tingkat modernisasi yang lebih tinggi.

4 percaya itu HDCM Sebagai forum untuk mendukung kelanjutan Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-China yang menghasilkan Jakarta-Bandung Kereta kecepatan tinggi “Hoosh” akan beroperasi mulai 17 Oktober 2023.

Dalam tiga bulan terakhir, rata-rata jumlah penumpang Hush mencapai 15.000 per hari. Pada puncak mudik Lebaran 2024 jumlahnya mencapai 21.422 orang atau meningkat 34 persen.

Luhut kemudian memuji Tiongkok atas dukungannya yang konsisten terhadap transisi energi, industrialisasi, dan hilirisasi mineral di Indonesia.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen memberikan insentif dan dukungan kebijakan terkait industri strategis, termasuk investasi petrokimia di Kalimantan Utara. Kami berharap proyek-proyek tersebut dapat dilaksanakan di provinsi tersebut pada pertengahan tahun 2024,” ujarnya.

Indonesia selalu terbuka terhadap investor dari negara lain yang ingin berpartisipasi dalam pengembangan proyek strategis di Kalimantan Utara, tambah Luhut.

READ  Indonesia waspadai bencana alam dini di awal musim hujan

diantara

Seleksi Guru: 10 Negara Paling Kuat di Dunia pada tahun 2024

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News