Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Mengatasi Tantangan Dana Pensiun Indonesia – Akademisi

Ibrahim Kolilul Rohman dan Mohammad Alvin Prabowosunu (Jakarta Post)

Premium

Jakarta ●
Senin, 16 Januari 2023

Sektor keuangan merupakan katalis penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui akumulasi modal dan kemajuan teknologi. Ini dilakukan dengan meningkatkan tingkat tabungan, mengumpulkan dan memobilisasi tabungan, dan meningkatkan alokasi modal.

Di negara berkembang seperti Indonesia, meskipun laju pertumbuhan harus berjalan seiring dengan pertumbuhan sektor keuangan, terlihat bahwa Lembaga Keuangan Bukan Perbankan (LKNB) tumbuh lebih lambat dari perbankan, terutama karena Untuk tingkat kenaikan dan melek huruf yang rendah di masyarakat. Sebuah pelajaran Survei tingkat nasional yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019 menunjukkan bahwa literasi LKNB lebih rendah dibandingkan perbankan. Literasi dalam dana pensiun sangat rendah yaitu 14 persen, dibandingkan dengan 36 persen di bank dan 18 persen di asuransi.

baru-baru ini Masalah terkait dana pensiun Banyak dibicarakan di Indonesia. Secara khusus, ada diskusi mengenai rencana untuk menutup pegawai negeri dan angkatan bersenjata, dengan Menteri Keuangan Shri Mulyani Indravati berpendapat bahwa rencana saat ini akan menambah tekanan yang cukup besar pada anggaran pemerintah tanpa reformasi yang tepat.

Baca cerita lengkapnya

BERLANGGANAN SEKARANG

Dari Rp 55.500/bulan

  • Akses tak terbatas ke konten web dan aplikasi kami
  • E-Post adalah koran digital harian
  • Tidak ada iklan, tidak ada gangguan
  • Akses eksklusif ke acara dan program kami
  • Berlangganan buletin kami


Berita Terkait

Anda mungkin juga menyukai:

Saat para pemimpin daerah gagal bertindak, Rohingya tenggelam di laut

Sebagai pribadi, privasi data adalah barang publik

Diplomasi dalam kelapa sawit

READ  Informasi Gempa: Mac Sedang. 5.0 Gempa