April 25, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kemitraan WA-Indonesia mengubah rumput laut menjadi plastik berkelanjutan

Kemitraan WA-Indonesia mengubah rumput laut menjadi plastik berkelanjutan

  • Perwakilan Indonesia Connect Roadshow bertemu dengan perusahaan WA ULUU dan perusahaan Indonesia Koperasi Mina Agar Makmur untuk mempelajari kemitraan bisnis mereka.
  • Koperasi Mina Agar Makmur memproduksi produk rumput laut kering dan jeli rumput laut.
  • ULUU memanfaatkan rumput laut untuk membuat biomaterial (plastik) yang berasal dari laut

Delegasi Roadshow Indonesia Connect yang dipimpin Menteri Pertanian dan Pangan Jackie Jarvis mengunjungi kantor pusat Koperasi Mina Agar Makmur.

Berbasis di Jawa Timur, koperasi ini sedang membangun platform dengan peralatan pengolahan rumput laut – yang diakuisisi oleh startup bioteknologi Australia Barat, ULUU.

Koperasi ini telah membudidayakan rumput laut Gracilaria seluas 1.200 hektare oleh 150 petani, dengan target produksi tahun depan 1.000 ton.

ULUU dan koperasi menandatangani nota kesepahaman untuk pasokan rumput laut pada awal tahun ini, dengan pengiriman pertama rumput laut antar perusahaan dilakukan pada bulan Agustus.

Sepuluh ton rumput laut dapat menghasilkan satu ton plastik ULUU, menggunakan mikroba air asin yang mencerna karbohidrat dalam rumput laut selama proses fermentasi.

Pelet plastik yang dihasilkan dapat digunakan untuk membuat produk seperti furnitur, kemasan, suku cadang mobil, dan pakaian.

Pada Rabu malam, ULULL menandatangani perjanjian usaha patungan dengan sponsor Indonesia di acara budaya yang diselenggarakan oleh Invest and Trade WA.

Menteri Pertanian dan Pangan Jackie Jarvis berkomentar:

“Indonesia Connect Roadshow – yang dikoordinasikan oleh Invest and Trade WA terus menjalin hubungan baik dan para delegasi yang menghadiri acara kemitraan bersama saya hari ini telah memperoleh pengetahuan berharga seiring mereka mengembangkan kemitraan bisnis baru.

“Spons merupakan komoditas baru bagi Jawa Timur dan mendukung petani serta ikut diversifikasi perekonomian daerah.

READ  Pembajak dunia maya meretas pejabat tinggi Indonesia untuk menyoroti pelanggaran

“Pengaturan ini adalah contoh bagus dari manufaktur yang berkelanjutan dan maju, yang merupakan hal penting bagi pemerintahan Cook. Status Masa Depan: Mempercepat Diversifikasi WA Strategi.”