Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kemitraan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa Indonesia di NH

Kemitraan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa Indonesia di NH

Dipublikasikan: 8/9/2023 17:00:24

Diedit: 8/9/2023 17:00:13

Community college New Hampshire telah meluncurkan prakarsa baru untuk membantu penduduk Indonesia yang terus bertambah di kawasan ini memperoleh keterampilan dan peluang karir baru.

Kemitraan antara Great Bay Community College dan Indonesian Community Connection — sebuah organisasi berbasis di Somersworth yang membantu masyarakat Indonesia — bertujuan untuk memperluas akses ke pendidikan, beasiswa, dan kesempatan kerja. Ini juga mencakup program untuk dukungan penerjemahan dan interpretasi.

Inisiatif baru ini dapat membantu orang Indonesia yang telah berada di AS selama 10 atau 20 tahun dan ingin mengubah karier atau memulai bisnis, kata Raut Rachel, kepala Community Connection Indonesia.

“Mereka mengira Anda bekerja di bidang manufaktur dan Anda terjebak di sana dan hanya itu, bukan?” kata Rachel. “Tapi kamu mungkin tidak tahu atau tidak tahu caranya.”

Rachel mengatakan, Indonesia Community College Initiative sedang mengembangkan program. Orang Indonesia yang mencari gelar di luar negeri akan menemukan tempat yang ramah di komunitas Somersworth’s Little Indonesia. Ada toko kelontong dan restoran Indonesia di daerah tersebut.

Somersworth, Dover dan Rochester secara kolektif menampung lebih dari 5.000 penduduk Indonesia, menurut mereka yang berada di belakang kemitraan baru tersebut.

“Ini rumah kedua bagi masyarakat Indonesia,” kata Rachel.

Begitulah awalnya

Cheryl Lesser mengatakan pekerjaannya sebagai presiden baru Great Bay Community College terhubung dengan beragam komunitas. Ketika dia bertemu Rachel dengan koneksi komunitas Indonesia, dia mengatakan itu sangat cocok.

“Yah, ternyata misi kita sangat mirip.” Kata Lesser.

Kolese ini ingin menjangkau lebih banyak mahasiswa melalui kursus-kursusnya dan menjalin kemitraan dengan organisasi komunitas lain di seluruh Seacoast, Dover, dan Rochester.

READ  Presiden Indonesia Joko Widodo ingin memperkuat hubungan ASEAN-Jepang

Raychel, dengan koneksi sosial Indonesia, juga ingin membantu menghubungkan masyarakat Indonesia dengan pendidikan dan pelatihan.

“Sangat menyenangkan bekerja dengan Great Bay terlebih dahulu karena populasi kita sangat besar [is] di daerah pesisir,” kata Rachel.

Rencana masa depan

Pada tahap awal program, kata Lesser, dia memahami potensi hambatan yang mungkin dihadapi siswa Indonesia dan membantu mereka berkembang dalam kursus dan masyarakat.

“Dengan ICC, kami sebenarnya akan membawa kelompok kecil ke kampus, berbicara dengan mereka, tentang penerimaan dan bantuan keuangan,” kata Lesser. “Itulah program kami dan bagaimana mereka dapat berinteraksi dengan kami. Jadi saya melakukan penjangkauan yang sangat personal.

Akhirnya, kata Lesser, kemitraan akan diperluas ke community college lain di seluruh negara bagian.

Rachel mengatakan banyak masyarakat lokal Indonesia yang masih belum pulih dari dampak pandemi COVID, terutama dampaknya terhadap bisnis lokal. Dia mengatakan perusahaannya membantu orang Indonesia mengembangkan rencana bisnis, dan kemitraan pendidikan adalah sumber penting untuk membantu orang terus membangun jalan keluar dari pandemi — karena ini akan membantu pemilik bisnis di masa depan mendapatkan keterampilan dan sertifikasi yang mereka butuhkan.

Artikel-artikel ini dibagikan oleh mitra The Granite State News Collaborative. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi collaborativenh.org.