Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kementerian mencatat jamaah haji Indonesia di Arab Saudi berjumlah 102.104 orang.

Kementerian mencatat jamaah haji Indonesia di Arab Saudi berjumlah 102.104 orang.

JAKARTA (ANTARA) – Sebanyak 102.104 jemaah haji asal Indonesia telah mendarat di Arab Saudi, berdasarkan data Kementerian Agama RI, Minggu.

Sebanyak 102.104 jamaah telah tiba dari Panitia Penyelenggara Haji Indonesia di Arab Saudi hingga Sabtu pukul 21.00 WIB atau Minggu pukul 01.00 WIB, ”ujarnya. Vt DwinandaPejabat Pusat Media Haji Kementerian.

Berbicara dalam jumpa pers langsung dari Jakarta, pejabat tersebut menjelaskan, total jumlah jamaah haji berasal dari 259 blok penerbangan.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagian jamaah yang datang sudah turun Amir Muhammad bin Abdul Aziz Bandara Di Madinah, sebagian lainnya masuk ke Arab Saudi melalui Raja Abdul Aziz Bandara Internasional Jeddah.

Dwinanda Pihaknya kemudian memberikan informasi terkini mengenai jumlah kematian para jamaah haji, yang melaporkan total 15 kematian.

“Jumlah jamaah haji yang meninggal kini berjumlah 15 orang. Rinciannya, satu jamaah meninggal di bandara, 11 orang di Madinah, dan tiga orang di Makkah,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama telah menyatakan seluruh jemaah haji yang meninggal dunia akan ditanggung.Badal Haji”, artinya orang lain akan menunaikan haji atas nama mereka.

Kementerian juga menghimbau kepada jemaah haji Indonesia untuk tidak segan-segan meminta bantuan kepada otoritas haji sebelum keberangkatan, selama penerbangan, dan setibanya di Arab Saudi ketika menghadapi kesulitan atau permasalahan.

Selain itu, pemerintah telah mendesak semua jamaah untuk mengunduhnya keluarga Tuhan Aplikasi super Sebuah aplikasi dimana mereka dapat mengakses buku dan video panduan haji.

Untuk musim haji tahun ini, Indonesia mendapat kuota 241.000 jamaah melalui perjanjian yang ditandatangani dengan pemerintah Saudi pada 8 Januari 2024.

Totalnya sebanyak 221 ribu jamaah dengan kuota awal dan 20 ribu jamaah dengan kuota tambahan yang disetujui Raja Arab Saudi.

READ  BBN Airlines Indonesia menambah empat Boeing 737

Tambahan kuota tersebut diterima Presiden Joko Widodo saat pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Saudi Mohammed bin Salman Al Saud pada Oktober tahun lalu.

Berita terkait: Kementerian menekan Garuda Indonesia untuk meningkatkan layanan penerbangan haji
Berita Terkait: Pemerintah Siapkan 62 Ton Obat untuk Jemaah Haji Indonesia
Berita terkait: Menteri mendesak persiapan pelayanan haji secara menyeluruh