Oktober 7, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Joko Widodo meminta daerah-daerah di Indonesia untuk menekan biaya transportasi setelah kenaikan harga bahan bakar

JAKARTA – Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan pada hari Rabu bahwa ia telah memerintahkan pemerintah provinsi untuk menggunakan anggaran mereka untuk menekan biaya transportasi dan melawan dampak inflasi dari kenaikan harga bahan bakar minggu lalu di ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu.

Di bawah tekanan untuk mengendalikan anggaran subsidi energi, Jokowi, yang dikenal sebagai Jokowi, menaikkan harga bahan bakar bersubsidi sebesar 30 persen pada hari Sabtu, memicu protes di seluruh negara berpenduduk 270 juta orang.

“Perhitungan menteri-menteri saya (inflasi) akan naik 1,8 persen. Tapi itu kalau kita tidak melakukan apa-apa. Saya tidak mau apa-apa, kita harus campur tangan,” kata Jokowi mengacu pada knocking inflasi. Dampak harga bahan bakar.

“Daerah harus turun tangan di masa pandemi ini,” ujarnya sambil meminta kepala daerah menggunakan anggarannya untuk menutupi biaya transportasi yang tinggi, terutama untuk distribusi sembako seperti bawang merah dan telur.

Tingkat inflasi Indonesia bulan Agustus adalah 4,69 persen, sudah mendekati level tertinggi tujuh tahun dan di atas target bank sentral untuk bulan ketiga berturut-turut karena kenaikan harga pangan.

Kementerian Perhubungan mengumumkan pada hari Rabu bahwa tarif minimum untuk layanan ojek berbasis aplikasi akan dinaikkan sebesar 13,33 persen per km mulai 10 September untuk memperhitungkan kenaikan harga bahan bakar.

Kementerian akan menaikkan tarif dasar minimum untuk perjalanan 4 km pertama sebesar 13 persen menjadi 31 persen, tergantung pada cakupan layanan.

Di Indonesia, di mana ojek banyak digunakan untuk transportasi dan pengiriman melalui platform yang dioperasikan oleh perusahaan seperti GoTo dan Grab, pengemudi mencari penyesuaian tarif karena biaya meningkat.

Seorang pejabat kementerian transportasi mengatakan perubahan tarif hanya akan berlaku untuk layanan transportasi dan tidak untuk pengiriman.

READ  Sabtu (21 Agustus) 16.744 kasus baru Pemerintah-19 dilaporkan pemberontakan Delta menempatkan wanita hamil pada risiko yang lebih tinggi

Jokowi meminta masyarakat untuk bersatu dalam menghadapi krisis energi dan pangan yang diperburuk oleh perang di Ukraina, yang menurutnya akan terus mempengaruhi pasokan global untuk beberapa waktu ke depan.

Presiden tidak menyebut protes yang meletus sejak pengumuman kenaikan harga BBM. Para menterinya telah mencoba meredakan ketegangan dengan menekankan bahwa pembayaran sedang dilakukan untuk program kesejahteraan negara untuk meredam pukulan dari kenaikan inflasi.