Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Jaringan Relawan Presiden Indonesia mendukung mantan Jenderal Prabowo sebagai presiden

Jaringan Relawan Presiden Indonesia mendukung mantan Jenderal Prabowo sebagai presiden

JAKARTA, 14 Oktober (Reuters) – Jaringan relawan Presiden Indonesia Joko Widodo yang luas pada hari Sabtu mendukung purnawirawan Jenderal Prabowo Subianto untuk menjadi presiden pada pemilu bulan Februari.

Dukungan jaringan “ProJo” dipandang sebagai pengganti presiden, sebuah sinyal kuat bahwa petahana akan mendukung mantan saingannya dalam persaingan ketat. Dia belum secara resmi mendukung kandidat mana pun.

Ketua Projo dan Menteri Komunikasi Kepresidenan Budi Ari Sediadi mengumumkan dukungan kelompok tersebut pada konferensi pers di kediaman Prabowo di Jakarta.

Budi menambahkan, Jokowi yang akrab disapa Presiden banyak menggambarkan ciri-ciri penerus idamannya. “Kami berkesimpulan yang dimaksud Presiden adalah Prabovo Subianto.”

“Beliau adalah sosok yang berani dan berdedikasi terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia,” kata Budi.

Indonesia, negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, akan menyelenggarakan pemilihan presiden, dewan lokal, dan dewan nasional secara serentak pada bulan Februari tahun depan.

Berbicara di samping Budi, Prabowo berjanji untuk melanjutkan rencana Jokowi jika ia memenangkan pemilu dan mengatakan ia merasa terhormat menerima dukungan tersebut.

Landasan kuat yang telah dibangun oleh Presiden Jokowi harus dilanjutkan, kata Prabowo.

Sebelum mengumumkan dukungannya terhadap Prabowo, Projo mengadakan rapat umum nasional di Indonesia Arena, Jakarta, yang dihadiri oleh Jokowi.

Semula pengumuman dilakukan saat rapat, namun di menit-menit terakhir mereka berpindah lokasi ke rumah Prabowo. Alasan perubahan tersebut tidak jelas.

Dalam pidatonya di hadapan DPR di Brojo, Jokowi meminta para pendukungnya untuk tidak mendesaknya untuk mendeklarasikan penggantinya. “Waktunya akan tiba, bersabarlah,” katanya.

READ  Senjata Kapunilas untuk sabuk WBO vs Hulu Indonesia

Meskipun Jokowi tidak memimpin partainya sendiri, ia memiliki jutaan pengikut informal yang aktif di media sosial dan mengikuti kebijakan dan kepemimpinannya, terutama menjelang pemilu.

Projo Network membantunya memenangkan Pilpres 2014 dan 2019 melawan Prabowo.

Jokowi telah menunjukkan dukungan diam-diam kepada Prabowo dalam beberapa bulan terakhir, meskipun ia adalah anggota Partai Demokrat Perjuangan (PDI-P), yang telah mencalonkan mantan Gubernur Jawa Tengah Kanjar Pranovo sebagai calon presidennya.

Arya Fernandez, analis yang mengepalai departemen politik di Pusat Kajian Strategis dan Internasional, mengatakan keputusan Brojo mendukung Prabowo merupakan indikasi kuat bahwa presiden mendukung Prabowo.

“Itu mencerminkan sikap Presiden,” kata Arya.

Prabowo, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Indonesia, menduduki puncak jajak pendapat yang dirilis awal bulan ini, diikuti oleh Kanjar di posisi kedua dan mantan Gubernur Jakarta Anis Baswedan di posisi ketiga.

Calon presiden dan pasangannya dijadwalkan mendaftar ke KPU pada 19-25 Oktober.

Penyuntingan oleh William Mallard, Edmond Claman dan Helen Popper (Laporan oleh Stefano Sulaiman dan Ananda Theresia)

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Dapatkan hak lisensiMembuka tab baru