Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Iran dan Indonesia sepakat untuk meluncurkan pusat bedah jarak jauh robotik

Iran dan Indonesia sepakat untuk meluncurkan pusat bedah jarak jauh robotik

Dalam pertemuan virtual antara Wakil Presiden Iran untuk Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Ekonomi Berbasis Pengetahuan Rouhollah Dekhani dan Menteri Kesehatan Indonesia Budi Konadi Sadiqin pada hari Minggu, kedua belah pihak sepakat untuk mendirikan pusat tersebut.

Di pusat bedah jarak jauh robotik, operasi dilakukan menggunakan ahli bedah robotik yang dikendalikan manusia dari jarak jauh.

Berdasarkan perjanjian tersebut, “Pusat Bedah Robot Jarak Jauh Indonesia-Iran” akan didirikan bekerja sama dengan Wakil Rektor Sains Iran, Universitas Ilmu Kedokteran Teheran, Institut Robotika Sina Iran, Kementerian Kesehatan Indonesia, Universitas Hasanuddin, dan Perusahaan Indopharma.

“Mulai tahun 2019, setelah Menteri Kesehatan Indonesia saat itu berkunjung ke Iran, kerja sama kedua negara di bidang bedah robotik jarak jauh dimulai dan diikuti oleh Budi Konadi Sadikin empat tahun kemudian, sungguh membanggakan. Ini membawa prestasi yang luar biasa,” kata Dekhani dalam pertemuan virtual tersebut.

Dehghani menjelaskan bahwa selama kunjungan Presiden Iran Ibrahim Raisi ke Indonesia pada bulan Mei, Presiden Indonesia, Joko Widodo, menyatakan kepuasannya atas proyek bedah jarak jauh robotik antara dua kota, Bandung dan Yogyakarta, yang berjarak 500 km.

Berdasarkan pengalaman sukses tersebut, Menteri Kesehatan Indonesia mengusulkan untuk melaksanakan proyek serupa di seluruh kepulauan Indonesia hingga 3500 km antara kota Madan dan Makassar.

Menurut Dehghani, perjanjian terbaru ini akan membantu meningkatkan ketahanan industri kesehatan kedua negara dan meningkatkan peralatan medis canggih dalam bedah jarak jauh robotik.

“Bisa juga menjadi contoh bagi daerah lain [inspire] Kolaborasi sukses lainnya antara Iran dan Indonesia,” tambahnya.

Dalam kesepakatan terpisah pada bulan Agustus, Iran dan Indonesia mencapai kesepakatan untuk mengekspor robot bedah buatan dalam negeri Iran ke negara Asia Tenggara.

READ  Indonesia telah memutuskan untuk mengekstradisi seorang peselancar Australia yang meminta maaf karena mengamuk dalam keadaan mabuk

Berdasarkan perjanjian yang ditandatangani antara Sina Robotics Iran dan Indopharma Indonesia, Republik Islam Indonesia yakin dapat mendirikan dua pusat yang didedikasikan untuk pengembangan bedah robotik.

Pada bulan Juni, Iran menjadi negara kedua di dunia yang berhasil melakukan bedah jarak jauh dengan robot.

SD/TekanTV