Oktober 2, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia-Turki bahas peningkatan kerja sama bilateral

Indonesia-Turki bahas peningkatan kerja sama bilateral

Jakarta (Antara) – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi bertemu dengan mitranya dari Turki Hakan Fidan pada hari Sabtu untuk membahas cara-cara untuk mengintensifkan kerja sama bilateral antara kedua negara.

“Saya mengajak swasta Turki untuk ikut memanfaatkan Indonesia sebagai industrial hub untuk pasar Asia-Pasifik dan sumber barang-barang industri,” kata Marsudi dalam siaran pers bersama dengan Fidan di Jakarta.

Marsudi mengatakan Turki menyambut baik kerja sama business-to-business (B-to-B) dalam produksi bersama dan distribusi bus listrik, kerja sama gas alam, pengembangan dan investasi di kompleks kota pangan di Korandalo dan jalan tol Trans-Sumatera. Di antara industri pengolahan kayu di Sumatera.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas implementasi kesepakatan strategis bilateral antara pemerintah (G-to-G) dan pihak swasta (B-to-B) yang ditandatangani pada November 2022 di Bali.

Kesepakatan tersebut meliputi bidang konservasi, kehutanan, lingkungan hidup, riset dan teknologi serta inovasi.

Indonesia dan Turki mengintensifkan hubungan mereka tahun lalu dengan membentuk Dewan Kerjasama Strategis Tingkat Tinggi (HLSC).

HLSC akan menjadi forum reguler untuk membahas isu-isu strategis bilateral, regional dan internasional antara kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, Marsudi menyampaikan undangan Presiden Joko Widodo kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk melakukan kunjungan bilateral ke Indonesia.

Mengunjungi Indonesia untuk pertama kalinya sejak menjabat pada bulan Juni, Menteri Fidan mengatakan bahwa Indonesia adalah mitra strategis Turki dan kedua negara telah menjalin persahabatan dan kemitraan yang telah berlangsung lama.

“Kami menghargai hubungan kami dan berkomitmen untuk memperkuatnya di semua bidang yang memungkinkan,” katanya.

Pada acara tersebut, Fidan berterima kasih kepada Indonesia karena telah menjadi salah satu negara pertama yang mencapai Turki setelah gempa dahsyat di bulan Februari.

READ  Boeing memeriksa jet 737 tua setelah kecelakaan di Indonesia, perintah peraturan penerbangan AS

Berbicara tentang HLSC, dia mengatakan ini merupakan tonggak sejarah dalam hubungan Indonesia-Turki.

“Mekanisme ini akan menjadi langkah konkrit untuk membawa hubungan ke level yang baru,” tegasnya.

Berita Terkait: SAR, Indonesia Raih Medali Turki untuk Karya Kemanusiaan
BERITA TERKAIT: Ketua DPR RI Serahkan Bantuan Kemanusiaan kepada Ketua Turki

Diterjemahkan oleh: Shofi A, Kensu
Pengarang : Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023