Desember 5, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia tingkatkan keamanan ruang digital

Infocomm Media Development Authority (IMDA) telah bermitra dengan Singapore University of Technology and Design (SUTD), salah satu universitas riset ilmiah terkemuka dunia di bidang telekomunikasi, untuk mengembangkan keterampilan dan bakat komunikasi dan konektivitas masa depan Singapura.

Menteri Komunikasi dan Informasi Josephine Teo menatap masa depan 6G Singapura dimulai Future Communications Connectivity (FCC) Lab SUTD, lab fisik 6G pertama di kawasan ini, akan berusaha menyatukan 6G R&D dan AI Mega Center SUTD.

“SUTD dengan senang hati bermitra dengan IMDA untuk memajukan penelitian industri dan institusi akademik untuk pengembangan kapasitas di ekosistem komunikasi nirkabel Singapura. Kami berharap dapat mempercepat terjemahan penelitian teknologi komunikasi masa depan,” kata Profesor Chong Do Chong, Presiden SUTD.

FCCLab berusaha untuk melepaskan kemajuan dalam penelitian 6G dan mendukung teknologi yang muncul seperti komunikasi holografik dan kemampuan penginderaan canggih untuk memberi daya pada mobil dan drone self-driving generasi berikutnya.

Menurut Kepala Eksekutif IMDA Lew Chuen Hong, perbaikan tidak dapat dibayangkan tanpa investasi konstan dan fokus pada perbatasan berikutnya. Mereka senang dapat berkolaborasi dengan SUTD untuk mendirikan lab 6G pertama di Asia Tenggara.

Ini hanyalah awal dari upaya mereka untuk menjadi pusat keunggulan global, memanfaatkan janji teknologi komunikasi masa depan.

FCCLab adalah bagian dari Program Penelitian dan Pengembangan Komunikasi Masa Depan Singapura senilai S$70 juta dan berlokasi di Kampus SUTD (FCP). National Research Foundation, Singapura (NRF) mendanai FCP sebagai bagian dari inisiatif Penelitian, Inovasi, dan Kelembagaan (RIE), dengan SUTD sebagai lembaga tuan rumah.

FCP akan mengkoordinasikan berbagai inisiatif penelitian di ekosistem RIE, termasuk Research Institutes (RIs), Higher Education Institutions (IHLs) dan inisiatif RIE lainnya.

READ  Bose Indonesia meluncurkan layanan logistik di jalan tol Aceh-Madaram

Testbed FCCLab memungkinkan evaluasi langsung dari hasil penelitian mengikuti Proyek Kemitraan Generasi ke-3 (3GPP1) dan standar RAN terbuka. Komponen jaringan yang dapat dialihkan secara individual memungkinkan pemantauan yang disesuaikan.

SUTD, sebagai universitas tuan rumah, akan memimpin kolaborasi di seluruh ekosistem Singapura, termasuk A*STAR, Nanyang Technological University, Singapore (NTU), National University of Singapore (NUS) dan Singapore Institute of Technology (SIT).

SUTD saat ini menawarkan 20 program hibah FCP untuk penelitian dan penerjemahan. Proyek penelitian fokus pada komputasi tepi multi-akses, orkestrasi jaringan, jaringan dan keamanan non-terestrial, sementara proyek translasi fokus pada kasus penggunaan dan fokus tematik pada kemampuan mobilitas baru untuk aplikasi udara, darat, dan laut.

FCP juga telah memberikan 14 beasiswa tingkat Master kepada siswa lokal untuk mengejar penelitian dan terjemahan dalam teknologi komunikasi masa depan untuk mengembangkan bakat Singapura.

Singapura telah menjalin perjanjian 6G dengan perusahaan 6G terkemuka di seluruh dunia, termasuk 6G Flagship Finlandia dan Institut Ilmu Komunikasi dan Informasi Korea. SUTD juga bekerjasama dengan perusahaan lokal dan multinasional sebagai bagian dari program FCP.

Selain itu, jaringan komunikasi 5G harus menjadi tulang punggung transformasi digital dan memungkinkan semua industri membuat perubahan teknologi yang besar.

5G diharapkan dapat menghadirkan broadband seluler yang lebih baik dan Internet of Things (IoT) yang sangat penting, menghadirkan Internet of Everything di mana-mana. Ketika 5G diimplementasikan, sangat penting untuk mempertimbangkan celah yang akan ditinggalkan 5G dan mulai mengembangkan teknologi 6G untuk mengisinya.

Ini adalah awal yang baik untuk memeriksa beberapa tuntutan yang belum terpenuhi dari 5G dan mempertimbangkan kebutuhan mengemudi untuk teknologi 6G.