September 28, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia mungkin mencatatkan surplus perdagangan kecil di bulan April: jajak pendapat Reuters

JAKARTA: Surplus perdagangan Indonesia akan berkurang pada bulan April, dengan ekspor dan impor meningkat di tengah pemulihan ekonomi global yang stabil dan harga komoditas yang lebih tinggi, jajak pendapat Reuters mengatakan pada hari Selasa.

Ekonomi terbesar di Asia Tenggara memiliki surplus perdagangan $ 1 miliar di bulan April, menurut rata-rata 13 analis, naik dari $ 1.56 miliar di bulan sebelumnya.

Indonesia terus mencatat surplus perdagangan sejak Mei 2020 karena impor dipengaruhi oleh lesunya konsumsi dan aktivitas produksi dalam negeri akibat krisis COVID-19.

Ekspor dan impor tumbuh 41,8 persen tahun-ke-tahun bulan lalu, dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan masing-masing 30,47 persen dan 25,73 persen, di bulan Maret, menurut survei.

“Tahun lalu kami memiliki basis yang rendah karena mengunci mitra dagang kami dan Indonesia … Pada April tahun ini, data menunjukkan pemulihan ekonomi, permintaan tinggi dari tujuan ekspor utama dan lokal,” kata Faisal Rochman, ekonom yang mencatat bahwa ekspor dan impor turun tajam tahun lalu. Memperhatikan itu, pemberi pinjaman negara mengatakan menteri bank.

Data Badan Pusat Statistik akan merilis data tersebut pada Kamis.

(Voting oleh Tabida Dela, Francisco Nangai, dan Nilufer Risky; penyuntingan oleh Sherry Jacob-Phillips)

READ  Kasus Komunitas Pekerja Rumah Tangga Indonesia Saja Govt-19, Berita Kesehatan dan Cerita Terbaik