Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia membantah menargetkan Tiongkok dengan tarif impor 200%.

Tempo.co, Jakarta – Rencana Indonesia untuk memaksakan impor Tidak ada bea masuk yang dikenakan pada produk tekstil hingga 200 persen terhadap negara-negara tertentu seperti CinaPada Jumat 5 Juli, kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Bandzaitan.

Dia menunjukkan bahwa semua tindakan diambil atas dasar kepentingan nasional kita.

Dalam rapat kabinet yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 25 Juni lalu, diambil keputusan untuk melindungi industri dalam negeri agar sesuai dengan ketentuan regulasi yang ada dan peraturan perdagangan internasional yang berlaku.

Luhut menjelaskan, langkah yang dilakukan selama ini hanyalah perpanjangan bea masuk safeguard yang sudah banyak diterapkan pada produk TPT. Tarif ini berlaku untuk semua barang impor, tanpa memandang asal barang tersebut.

Ia juga mengatakan, kebijakan tersebut harus dikaji secara matang agar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan industri dalam negeri.

Saya sudah membicarakan masalah ini dengan Menteri Perdagangan, kata Luhut. “Kami tetap berkomitmen untuk bermitra dengan sekutu sambil memprioritaskan kepentingan nasional.”

Luhut menegaskan, Tiongkok merupakan mitra strategis dan komprehensif yang penting bagi Indonesia dalam perdagangan dan investasi.

Indonesia berkomitmen untuk menjaga hubungan ini melalui komunikasi dan dialog yang berkelanjutan mengenai perubahan kebijakan.

“Kami ingin memastikan hubungan Indonesia dengan negara mitra terus dibangun atas dasar rasa saling percaya, hormat, dan saling melengkapi,” kata Luhut.

Pada tanggal 28 Juni, Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan mengusulkan pengenaan bea masuk hingga 200 persen terhadap barang-barang, yang secara khusus menyasar Tiongkok.

“Amerika Serikat mungkin mengenakan tarif 200 persen pada impor tembikar atau tekstil; Hal serupa juga bisa kita lakukan untuk memastikan UMKM dan industri kita tetap bertahan dan berkembang,” ujarnya.

READ  Dalam pertempuran hasil tinggi, India bisa mengalahkan india untuk menjadi perdagangan terkemuka di Asia

Hasan menambahkan, peraturan perdagangan baru ini merupakan respon terhadap peraturan perlindungan perdagangan dan industri lokal sebelumnya yang kurang memuaskan.

diantara

Seleksi Guru: Menteri Perdagangan Sulhas mengatakan bea masuk yang tinggi dikenakan pada barang-barang Tiongkok untuk melindungi UMKM

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News