Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia: Dengan ‘soft power’ datang tanggung jawab yang besar

Indonesia telah lama menjadi negara berkembang di panggung dunia, memimpin di antara negara-negara berkembang lainnya. Seperti dunia Demokrasi besar ketigaItu berlanjut untuk memainkan peran penting Menyeimbangkan dan menyelaraskan Asia Tenggara dan kepemimpinan G20 telah membawa pengakuan internasional yang sudah lama layak diterima tahun ini. Upaya berkelanjutan Indonesia untuk berpartisipasi dan mendukung prakarsa internasional, bekerja sama dengan Persatuan negara-negaradan bergerak maju pencarian perdamaian universal, Mereka telah memenangkan apresiasi negara.

Terlepas dari perannya sebagai penjaga perdamaian regional, Indonesia secara historis cenderung demikian memfokuskan upaya kebijakannya di dalam negeri. Presiden Joko Widodo mengemban amanah dan tanggung jawab Komunitas internasional Ini telah memberi negara itu tim tanggap krisis global untuk menangani masalah global kepemimpinan G20Pemerintah seringkali hanya ingin bekerja untuk memperbaiki keadaan dalam negeri Indonesia.

Namun, sebagai negara dengan ratusan pulau, kerukunan adalah bagian dari budaya Indonesia. Keseluruhan datang bersamaan Bahasa dan ras yang berbeda Sesuatu yang orang-orang memiliki kesamaan identitas sebagai orang Indonesia Negara yang beragam ini Lakukan setiap hari. Sinkronisitas ini secara alami adalah sesuatu yang dibutuhkan dunia, dan menarik perhatian G20 Kepemimpinan telah memberikan kesempatan untuk menampilkan Indonesia.Kekuatan lembut.” Kekuatan lunak ini dapat dilihat lebih jauh Sebuah analisis Kurikulum Sekolah Indonesia dilakukan oleh Institute for Monitoring Peace and Cultural Tolerance in School Education (IMPACT-se), sebuah lembaga penelitian dan kebijakan yang meneliti kurikulum sekolah dan membuat rekomendasi kebijakan.

Studi tersebut membahas sistem pendidikan Indonesia dan menyoroti bagaimana sistem tersebut mencerminkan nilai-nilai nasional negara tentang kemandirian, kerendahan hati, dan persatuan. Ekstremisme, rasisme, dan sejarah kolonial semuanya dibahas; Toleransi adalah pesan keseluruhan. Negara ini mengajarkan nilai-nilai yang diyakini dan dipegang oleh rakyatnya sebagai inti dari identitasnya, dan ini tidak hilang dari para pemain kunci dalam sistem internasional. Kemampuan beradaptasi Indonesia merupakan bagian penting dari kekuatan politiknya, dan telah membantu negara ini maju sebagai pemain geopolitik yang penting.

READ  Indonesia selamatkan Singapura dari kekurangan ayam, kata Eric Tohir

KTT G20 tahun ini juga di Bali Keketuaan ASEAN pada tahun 2023, peluang bagi Indonesia untuk menggunakan kekuatan ini untuk kepentingan perdamaian dan stabilitas dunia. Dengan meningkatnya pengakuan atas kontribusi internasional negaranya, Presiden Widodo juga percaya Untuk menarik investasi internasional dan dukungan untuk agenda domestiknya sendiri, khususnya transisi hijau radikal dan infrastruktur serta transformasi ekonomi yang menyertainya. AS, Jepang, dan sekutu lainnya telah berjanji $20 miliar Hasil nyata dari posisi negara yang berkembang dalam pendanaan untuk menutup pabrik batu bara dan mengurangi emisi energi pada tahun 2030.

Kebutuhan akan perdamaian global seperti Indonesia saat ini sangat nyata dalam perang Rusia-Ukraina saat ini. Dari harmonisasi hubungan hingga mengatasi krisis pangan yang diakibatkannya, Indonesia sudah mulai menunjukkan betapa tepat untuk bertindak sebagai mediator. Dengan kunjungan dari Widodo Kiev dan Moskow Pada bulan Juni tahun ini, dia mulai mendorong gencatan senjata, memastikan pembangunan pipa biji-bijian dari Ukraina, dan melanjutkan ekspor pupuk Rusia. Dia juga memilih untuk mengundang Rusia ke G20, sambil menyampaikan undangan ke Ukraina dalam upaya untuk mempertemukan Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky dengan para pemimpin dunia lainnya.

Pendekatan Indonesia terhadap demokrasi dan rekonsiliasi telah menjadikannya pemimpin alami di dunia Kekuatan yang Muncul, dan telah memberikan kesempatan ini untuk kepemimpinan global. Pendekatan yang sama ini sangat penting untuk mengatasi konflik Rusia-Ukraina dan merupakan poin kunci yang menunjukkan bahwa sekarang saatnya bagi Indonesia untuk bertindak. Berperan dalam membangun kesepakatan antara Ukraina dan Rusia, misalnya, akan menunjukkan kepada masyarakat global dan Indonesia bahwa mereka siap mengemban tanggung jawab tersebut.

Peran baru ini akan memungkinkan Indonesia untuk bergerak maju dalam isu-isu penting geopolitik lainnya Normalisasi hubungan dengan Negara Israel. Tidak hanya akan menjadi pertunjukan kepemimpinan yang luar biasa di pihak Indonesia, tetapi juga jelas dari sejarah, untuk melakukannya Motivasi yang kuat terhadap ekonominya. Ketika UEA menandatangani Abraham Accords dua tahun lalu untuk menormalisasi hubungan dengan Israel, perdagangannya meningkat. 500 persen, menghasilkan $1,2 miliar dalam satu tahun. Ledakan perdagangan seperti itu akan luar biasa bagi perekonomian Indonesia, membawa peluang untuk investasi, inovasi, dan kewirausahaan. Indonesia tidak memiliki teknologi tinggi industri digitalDan kemitraan dengan Israel akan memungkinkan negara untuk berkembang di bidang ini.

READ  Indonesia peringkat 2 di Asia dengan 100.000 kematian Pemerintah

Manfaat ekonomi dan perluasan industri Indonesia disambut baik, terutama pergeseran menuju ekonomi hijau dan ikatan alami dengan Israel yang membedakan bangsa ini. Negara tetangga. Memang, studi IMPACT-se tersebut menunjukkan mengapa ia siap untuk memainkan peran yang lebih utama di arena internasional, setidaknya melalui penyelidikan kurikulum akademiknya.

Saat Indonesia bergerak ke tingkat kepemimpinan internasional ini, negara harus mempertimbangkan beberapa aspek dari posisi tersebut. Cita-cita harmoni dan perdamaian serta stabilitasnya terus dikagumi, dan sistem pendidikannya akan mewariskan nilai-nilai ini kepada generasi berikutnya. Fokusnya pada pembangunan berkelanjutan harus diikuti, dan pelestarian demokrasi patut dipuji. Namun, dengan peran ini muncul tanggung jawab untuk menerapkan nilai-nilai tersebut di luar batasnya sendiri. Indonesia perlahan tapi pasti membuktikan kesiapannya menghadapi tantangan baru ini dengan berkontribusi pada acara internasional penting seperti menjadi tuan rumah G20 dan menengahi perang Rusia-Ukraina.

Jay Ruderman adalah presiden Yayasan Keluarga Ruderman.

Gambar: Shutterstock.