Februari 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia Berikan $5 Juta kepada AIS Forum: Resmi

Indonesia Berikan $5 Juta kepada AIS Forum: Resmi

Nusa Dua, Bali (Antara) – Pemerintah Indonesia memberikan pendanaan sebesar US$5 juta kepada Archipelago and Island States (AIS) Forum, sebuah kontribusi nyata terhadap pembangunan berkelanjutan.

Komitmen pendanaan direncanakan pada tahun 2022 hingga 2025, kata Deputi Bidang Kedaulatan Maritim dan Integrasi Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jody Maherty, di Nusa Dua, Bali, Senin.

Sejauh ini, janji pendanaan tersebut hanya datang dari Indonesia, dan diharapkan negara lain atau organisasi internasional lainnya akan mengikuti jejaknya, tambahnya.

Mahardi berharap peningkatan komitmen finansial pada Forum AIS akan memberikan dampak yang lebih positif, terutama pada masa kepemimpinan Indonesia di kawasan dan di negara kepulauan dan kepulauan.

“Kami yakin ini akan menjadi titik balik diplomasi ekonomi biru secara global,” ujarnya.

Ia mencatat, mengingat sumber daya alam Indonesia yang melimpah, terdapat potensi besar untuk mengembangkan ekonomi biru guna mendukung keberlanjutan.

AIS Forum dibentuk berdasarkan Deklarasi Manado pada Pertemuan Tingkat Menteri AIS Forum pada 1 November 2018.

Sejak itu, Indonesia telah berkontribusi pada Forum ini melalui berbagai cara, termasuk pembentukan Sekretariat AIS dan pengembangan program.

Indonesia menyumbang US$1 juta untuk pembentukan sekretariat, pelaksanaan kerja sama, dan memperkuat kerja sama antar negara pada tahun 2019.

“Kami telah menciptakan platform berbagi pengetahuan melalui lokakarya,” kata Mahardi.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut juga melibatkan generasi muda, inovator, dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi biru.

Pertemuan Tingkat Tinggi AIS Forum 2023 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2023 di Nusa Dua.

Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat peran Forum AIS sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif serta sebagai forum kerja sama timbal balik dalam memajukan agenda masa depan, yaitu memperkuat tata kelola laut global.

READ  Kartu kuning untuk calon presiden terdepan Indonesia

Berita Terkait: Forum AIS Tingkatkan Okupansi Hotel Nusa Dua hingga 90 Persen
Berita Terkait: Forum AIS HLM Mempercepat Kapabilitas Ekonomi Biru