Desember 5, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

India memainkan peran kunci dalam KTT G20: AS | Berita Dunia

AS mengatakan India memainkan “peran penting” dalam menegosiasikan Deklarasi Pemimpin KTT G20 di Bali, dan Washington mendukung penuh kepemimpinan India dalam kelompok itu tahun depan.

Menanggapi pertanyaan tentang pertemuan Presiden Joe Biden dengan Perdana Menteri Narendra Modi, Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre merujuk pada pertemuan trilateral Biden dengan Modi dan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Dia kemudian berkata, “India memainkan peran penting dalam menegosiasikan deklarasi puncak. PM Modi mengklarifikasi bahwa ‘Era hari ini tidak boleh menjadi perang’, kutipan langsung dari PM.

Baca Juga | Pada pertemuan G20 di Bali, India menyusun agenda yang ambisius

Dengan latar belakang perang Rusia di Ukraina dan gesekan geopolitik berikutnya, pesan langsung Perdana Menteri Modi kepada Presiden Rusia Vladimir Putin di Samarkand pada bulan September muncul sebagai titik konsensus pada KTT G20 di Bali.

Dalam Deklarasi tersebut, “Penyelesaian konflik secara damai, upaya penyelesaian krisis, serta diplomasi dan dialog sangat penting. Era hari ini seharusnya tidak menjadi salah satu perang.

Sekretaris pers Gedung Putih menambahkan bahwa KTT tersebut memberikan jalan ke depan untuk ketahanan pangan dan energi – kekhawatiran yang secara konsisten ditunjukkan India sejak dimulainya perang. “Kami berharap dapat mendukung kepemimpinan G20 India tahun depan dan menantikan pertemuan berikutnya,” kata Karin Jean-Pierre. India akan menjadi presiden G20 pada 1 Desember dan menjadi tuan rumah KTT para pemimpin berikutnya pada September 2023.


READ  9 jenis burung yang terancam punah di Indonesia