Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Gunung berapi di Indonesia meletus dan memuntahkan abu sejauh 7 km

Gunung berapi di Indonesia meletus dan memuntahkan abu sejauh 7 km

Gambar handout yang diambil pada 21 Mei 2024 dan dirilis Badan Geologi Indonesia ini menunjukkan gunung berapi Ibu memuntahkan abu dari sebuah observatorium di Halmahera Barat, Maluku Utara. – AFP

JAKARTA: Sebuah gunung berapi di Indonesia bagian timur meletus pada hari Minggu, memuntahkan abu setinggi tujuh kilometer ke langit, mendorong pihak berwenang untuk memperingatkan warga untuk berlindung di dalam rumah.

Ini adalah letusan terbaru dari sekitar 100 letusan gunung berapi sejak awal tahun ini.

Gunung Ibu, yang terletak di Pulau Halmahera di provinsi Maluku Utara, meletus pada pukul 12.45 siang (0345 GMT), menimbulkan awan abu tebal ke udara, kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam sebuah pernyataan.

Letusan tersebut – yang berada pada tingkat kewaspadaan tertinggi sistem empat tingkat di negara itu sejak pertengahan Mei – berlangsung selama 6 menit dan 13 detik, tambahnya.

Abunya tertiup ke arah stasiun pemantauan gunung berapi dan tempat penampungan evakuasi di sebelahnya, namun “tidak ada kepanikan” di antara para pengungsi, kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.

“Masyarakat diimbau menghindari aktivitas di luar ruangan dan tetap berada di dalam rumah selama abu bercampur pasir masih turun hujan,” kata Abdul.

READ  Perusahaan Indonesia yang menentang perintah, tetap merusak lahan gambut di habitat orangutan