Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter melanda Papua, Indonesia

Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter melanda Papua, Indonesia

Gempa bumi dahsyat melanda wilayah Papua bagian timur Indonesia, namun belum ada laporan mengenai kerusakan serius atau korban jiwa.

Survei Geologi AS menyebutkan gempa berkekuatan 6,5 SR berpusat 162 km timur laut Abepura, sebuah kecamatan di Jayapura, ibu kota provinsi Papua. Itu terjadi di kedalaman 10 km.

Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika Indonesia menyatakan tidak ada ancaman tsunami, namun memperingatkan bahwa gempa susulan bisa saja terjadi karena pusat gempa berada di daratan.

Dengan jumlah penduduk 62.250 jiwa, Abepura merupakan salah satu kota berpenduduk paling sedikit di Indonesia. Pada bulan Februari, gempa dangkal lainnya mengguncang provinsi tersebut, menewaskan empat orang setelah sebuah restoran terapung runtuh ke laut.

Indonesia, negara kepulauan yang luas dengan populasi lebih dari 270 juta orang, rentan terhadap gempa bumi dan letusan gunung berapi yang sering terjadi karena lokasinya yang berada di lingkaran api gunung berapi dan garis patahan di cekungan Pasifik.

Sedikitnya 331 orang tewas dan hampir 600 orang luka-luka di kota Cianjur, Jawa Barat, ketika gempa berkekuatan 5,6 skala Richter terjadi pada 21 November. Ini adalah gempa paling mematikan di Indonesia sejak gempa bumi dan tsunami Sulawesi tahun 2018 yang menewaskan lebih dari 4.300 orang.

Pada tahun 2004, gempa bumi yang sangat dahsyat di Samudera Hindia memicu tsunami yang menewaskan lebih dari 230.000 orang di banyak negara, sebagian besar di provinsi Aceh, Indonesia.

READ  Apa pendapat masyarakat Indonesia tentang demokrasi? – Duta Besar