Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

17 WNI ‘selamat dan sehat’ setelah kapal tanker Korea ditumpangi perompak

Jakarta. Awak kapal tanker minyak Korea Selatan yang dibajak oleh perompak bulan lalu telah diselamatkan dengan selamat dan sehat dan akan kembali ke rumah setelah penyelidikan lebih lanjut selesai, kata pejabat kedutaan pada hari Minggu.

Kedutaan Besar Indonesia di Dakar mengatakan 17 orang Indonesia termasuk di antara awak kapal tanker B. Ocean, yang dilaporkan dibajak dan dilumpuhkan oleh perompak di Teluk Guinea pada 23 November.

Setelah serangan pertama di bulan Januari, B. Laporan media mengatakan ini adalah kedua kalinya kapal tanker laut itu naik.

Pejabat konsuler diberitahu tentang pencurian itu pada 25 November. Semua peralatan komunikasi di kapal juga dihancurkan oleh para penyerang. Para perompak juga diduga mencuri minyak dan mengambil telepon seluler, laptop, dan barang-barang pribadi lainnya dari kru, sehingga komunikasi tidak dapat dilakukan.

Sebuah kapal angkatan laut Italia dikirim untuk membantu dan diketahui bahwa mesin kapal tanker itu telah dirusak oleh bajak laut. Itu kemudian ditarik oleh kapal tanker ke pelabuhan Abidjan di Pantai Gading.

Kapal tanker itu tiba di pelabuhan Abidjan pada hari Jumat, tetapi awaknya ditolak masuk ke kedutaan besar Indonesia dan Korea Selatan.

Duta Besar Indonesia Tintin Wahyudin dan mitranya dari Korea telah melakukan komunikasi intensif dengan pejabat Pantai Gading dan akhirnya diberikan izin untuk bertemu dengan awak kapal di kapal tanker pada hari Sabtu, kata kedutaan.

“Walaupun seluruh ABK dalam keadaan sehat, namun secara psikologis mereka shock dan ingin segera pulang,” kata Dubes Tintin kepada kantor berita Antara.

Dikatakan juga pasokan logistik telah diserahkan kepada anggota tim Indonesia.

Namun, mereka tidak dapat segera kembali ke Indonesia sambil menunggu penyelidikan oleh pihak berwenang setempat.

READ  6 orang didakwa atas kecelakaan stadion Indonesia

“Penyelidikan terhadap kapal tanker B.Ocean sedang berlangsung, di mana semua anggota awak akan diinterogasi,” kata duta besar tersebut.

Kapal tanker itu dimiliki oleh SK Shipping Korea Selatan dan terdaftar di Kepulauan Marshall, menurut laporan media.

Dua warga negara Korea Selatan menjadi kapten dan chief engineer dan 17 warga Indonesia menjadi awak kapal saat pembajakan terjadi.